Tips memilih jurusan kuliah

Buat kamu yang baru lulus SMA dan memiliki keinginan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang kuliah, tentunya sedikit bingung mau kuliah di perguruan tinggi apa, jurusan apa dan sebagainya. mungkin kebingungan kamu itu disebabkan oleh ketidaktahuan atau keterbatasan informasi mengenai perguruan tinggi atau kampus-kampus apa saja yang bisa menjadi pilihan kamu kuliah nanti.
Perlu kamu ketahui bahwa kampus-kampus yang ada di Kalbar sangat banyak, bahkan hingga puluhan kampus baik swasta maupun negeri yang di dalamnya terdapat berbagai jurusan pula. Nah, supaya kamu tidak bingung lagi mau kuliah di jurusan apa, berikut Gue Locek informasikan tips memilih jurusan kuliah.
  1. Memilih atas pilihan sendiri, jangan pernah memilih jurusan kuliah karena ikut-ikutan sama teman, karena yang akan menjalani perkuliahan adalah kamu sendiri.
  2. Jangan terpaksa atau karena paksaan dari orang lain, termasuk orang tua, jika kamu kuliah karena terpaksa, maka kamu akan merasa tersiksa saat menjalani kuliah dan bahkan kamu tidak akan menyelesaikan kuliah karena pasti kamu merasa 'ini bukan kemauanku'.
  3. Pastikan pilihan kamu sesuai dengan hobi dan minat, jika hobi, minat dan jurusan kuliahmu seirama, kamu akan merasa enjoy dan santai saat menjalani kuliah walaupun berbagai hambatan menghadang.
  4. Pahami jurusan yang kamu pilih lebih dalam, kamu harus mengenal jurusan pilihanmu ,termasuk lingkungan kampus, teman sekelas dan kamu harus bisa memprediksi seperti apa proses kuliah kamu nantinya.
  5. Sesuaikan dengan kondisi ekonomi kamu dan keluargamu, kamu juga harus mempertimbangkan kondisi ekonomi keluarga saat kamu kuliah nanti agar keberlangsungan kuliah dan hidup sehari-hari kamu aman dan nyaman
  6. Konsisten dengan pilihanmu dan siap menerima apapun resiko ke depan, jangan ada rasa ragu saat kamu memilih salah satu jurusan. atau jangan plin-plan, karena kamu akan bingung dan menyesali pilihanmu saat sudah menjalani proses kuliah. dan itu tidak ada artinya buat kamu.
  7. Ikhlas dan yakin, yang paling penting kamu harus ikhlas dan yakin dengan apa yang sudah menjadi pilihanmu. yakin bahwa pilihanmu adalah yang terbaik buat masa depanmu dan keluargamu.
Selamat menempuh pendidikan di bangku kuliah, salam Gue Locek.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »