Kabupaten Sambas Serambi Mekah


Kabupaten Sambas, adalah kabupaten yang berada di wilayah paling utara Kalbar, berjarak 185 KM dari ibukota propinsi (Pontianak) dengan relatif waktu tempuh 5-6 jam jalur darat.
Terdapat Keraton peninggalan kerajaan Al-Waziqubillah di kota Kabupaten, anda dapat melihat dan merasakan suasana kehidupan pada zaman kerajan disini. Mayoritas bersuku Melayu dan beragama islam, warga Sambas dikenal ramah dan santun ditambah makanan khas daerah yang sangat nikmat yaitu "bubur pedas" http://guelocek.blogspot.com/2016/04/kuliner-kalimantan-barat-yang-harus.html 
Sambas dikenal dengan Serambi Mekah, gelar ini diberikan karena banyak ulama besar yang berasal dari Sambas serta kehidupan masyarakat yang religius. Ulama besar diantaranya Basuni Imran As-Sambasy, nama beliau diabadikan menjadi nama pondok pesantren di Sambas.
Selain itu pemerintah daerah menetapkan nama daerah dengan nama Bumi Sambas Terigas.
Destinasi wisata yang wajib anda kunjungi yaitu Danau Sebedang di Kecamatan Tebas, Pantai Putri Serayi dan Pantai Kahona http://guelocek.blogspot.com/2016/05/pantai-putri-serayi-pantai-jawai.html di Kec. Jawai, Sungai Sambas yang eksotik serta gunung-gunung dengan ketinggian diatas 1000 mdpl di wilayah perbatasan Indo-Malay.
Sambas memiliki pos lintas batas negara yang diresmikan Presiden Joko Widodo, anda bisa ke negri jiran Malaysia melalui pintu PLBN di Aruk, sekitar 4 jam dari kota Sambas melalui Kartiasa dan Galing.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar
13 Agustus 2019 pukul 09.05 delete

Met Siang, pengen tau ada stasiun mobil sewa dan supir di PLBN Aruk ulang blek ke pasir seluas kah Mksh.

Reply
avatar