Pantai Putri Serayi (pantai Jawai)

Bagi penikmat pantai dan laut, hanya ada satu tempat yang membuat hari-hari mereka damai, itulah pantai dan birunya lautan luas.
Pantai Putri Serayi (Pantai Jawai), belum banyak orang yang tau apa bagaimana dimana dan sebagainya tentang pantai ini. ternyata pantai ini menawarkan keindahan pantai yang sangat panjang dan lautan luas. iya, pantai Putri Serayi namanya.
Selain pantai dan laut yang indah, pantai Putri Serayi juga menyuguhkan bebatuan unik dan bukit-bukit yang bisa anda daki dan melihat pulau-pulau dari puncaknya.diantara batu unik itu bernama Batu Lapak (telapak kaki) dan Batu Canggar(batu yang menunjuk langit), Batu Lapak tersebut memang batu asli dan diatasnya terdapat bekas telapak kali raksasa dan wisatawan bisa duduk didalam telapak kaki tersebut. banyak sekali batu-batu yang diatasnya terdapat telapak-telapak kaki dan tangan yang diperkirakan jejak manusia purba.Batu Canggar adalah batu yang menjulang menunjuk langit, anda juga bisa berdiri di atas batu ini untuk memandangi lautan dan pulau-pulau.
nah, dimana pantai Putri Serayi tersebut ?
Pantai indah itu berada di Kecamatan Jawai Selatan Kabupaten Sambas, Kalbar. Sekitar 220 KM sebelah utara ibukota propinsi (Pontanak), jika menggunakan kendaraan bermotor, bisa ditempuh selama 5 jam melalui Pontianak-Singkawang-Pemangkat, kemudian menyeberang menggunakan kapal motor kurang lebih 30 menit dari Penjajap (Penyeberangan di Pemangkat) ke Jawai Selatan, nah, kemudian anda lanjutkan perjalanan menuju pantai kira-kira 25 menit. jika sudah di Kecamatan Jawai Selatan, seua orang tau dengan pantai tersebu
Jika menggunakan mobil, perjalanan agak lebih jauh. Dari Pontianak-Singkawang-Pemangkat lalu ke Tebas kira-kira 5 jam, karena harus menyeberang feri dan hanya ada di Tebas untuk menuju Jawai. Penyeberangan Penjajap-Jawai hanya untuk motor. Setelah menyeberang, anda melanjutkan perjalanan menuju pantai Putri Serayi kira-kira 1 perjalanan lagi, anda akan melewati Pasar Sentebang dan pasar Matang Suri sebelum tiba di pantai.
Biaya perjalanan dari Pontianak juga cukup terjangkau, jika menggunakan motor cukup 60 ribu ditambah ongkos penyeberangan 11 ribu untuk satu orang dan satu motor, jadi dengam modal 70 ribuan anda sudah bisa menikmati pantai Putri Serayi. jika menggunakan mobil, anda cukup mengisi 2 kali full tangky untuk PP dan menyiapkan ongkos penyeberangan feri 35 ribuan.
Biaya dan waktu yang anda keluarkan akan terbayarkan oleh keindahan pantai, laut, bebatuan dan bukit-bukit di pantai ini.
Selamat berlibur

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »