tips memilih tempat tinggal saat kuliah

Mahasiswa, apa lagi perantauan. Pasti akan berusaha semaksimal mungkin menghemat biaya hidup saat kuliah, termasuk biaya tempat tinggal kontrakan, kos dan lain-lain. Banyak pilihan tempat tinggal yang mungkin gratis yang bisa dimanfaatkan misalnya rumah keluarga dan asrama daerah atau jadi marbot musholla.

Selain harga kos atau rumah kontrakan yang bersahabat dengan saku mahasiswa, ada hal yang harus diperhatikan saat memilih tempat tinggal, ini sangat penting terutama mahasiswa baru yang belum begitu mengerti kehidupan di kota.
  1. Lingkungan kos/rumah kontrakan aman dan nyaman, ini yang paling penting. Pastikan lingkungan tempat tinggal yang akan kamu huni aman dari segala kejahatan dan nyaman, seperti air lancar, listrik lancar, tidak terlalu sumpek atau kumuh.
  2. Lingkungan sekitar bersih dan tertata, jadi kamu merasa nyaman dan betah dan tidak perlu pindah-pindah hanya karena sampah-sampah busuk.
  3. Pergaulan sekitar bersahabat dan bukan pusat kriminal.
  4. Lokasi yang dekat dengan kampus, ini akan berdampak pada keuangan transportasi kamu. Jika kampus bisa dijangkau dengan jalan kaki, kamu bisa hemat biaya bbm. Selain sehat, jalan kaki juga ramah lingkungan, bebas polusi.
  5. Lokasi yang dekat dengan pusat belanja atau warung serba ada, jadi kamu tidak perlu jauh-jauh untuk membeli kebutuhan pribadi.
  6. Khusus kamu yang laki-laki, biasanya sering beraktivitas sampai larut malam, jadi pilih kos yang bebas waktu malam, maksudnya bisa pulang jam berapapun.
  7. Lokasi yang dekat dengan rumah ibadah, ini poin yang sangat penting.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »