isi daya cerdik dan aman


Ketika anda akan melakukan sesuatu, tentu ada hal-hal yang harus anda perhatikan, pahami dan kemudian dilakukan dengan urut serta penuh kehati-hatian.
pepatah arab mengatakan 'jika engkau melakukan suatu pekerjaan dengan sungguh-sungguh, maka engkau akan mendapat hasil yang baik pula'. tetapi dalam tulisan ini aku tidak menjelaskan, mengajarkan pepatah arab tetapi memberikan tips ringan untuk hal-hal yang sering kita hadapi dan lakukan.
Apabila saat melakukan suatu pekerjaan baik yang diintruksikan oleh atasan, teman maupun perintah suatu produk anda pasti melakukan sesuai yang diperintahkan, jika hal itu anda lakukan dengan salah atau keliru atau sengaja dilakukan dengan salah maka sudah dapat dipastikan anda akan mendapat musibah.
Nah, berikut adalah beberapa tips yang harus anda lakukan agar tidak terjadi hal-hal yang merugikan anda sendiri saat mengisi daya (mengecas) ponsel dan leptop tercinta.
Pertama, pastikan lingkungan sekitar anda tinggal aman dan tidak tampak orang yang ‘mencuri’ – ‘gakan’. Hal ini harus dilakukan karena kejahatan terjadi bukan hanya karena niat pelaku namun ada kesempatan.
Kedua, demi keamanan saat mengecas, simpan ponsel atau leptop anda di kamar. Jangan mengecas di ruang tamu, apalagi di teras rumah.
Ketiga, pastikan listrik di tempat tinggal anda berarus. Jangan mengecas pada saat PLN mengistirahatkan mesin (listrik mati). Jika itu anda lakukan, maka akan sia-sia.
Keempat, siapkan charger ponsel atau leptop anda beserta ponsel atau leptop yang akan dicas. Pastikan charger yang anda siapkan memang pasangan ponsel atau leptop anda agar tidak terjadi korsleting di ponsel atau leptop kesayangan anda.
Kelima, pasang adaptor charger ke colokan berarus, kemudian pasang stut/cip/ujung charger pada tempat/lubang isi daya di ponsel atau leptop anda.
Keenam, tunggu dan terus awasi 1/2/3 jam hingga daya ponsel atau leptop anda benar-benar penuh, kemudian lepaskan charger dari colokan berarus dan ponsel atau leptop anda. Jika dibiarkan akan menyebabkan batrai ponsel atau leptop anda rusak/kembang bahkan terbakar.
Ketujuh, lakukan tips ini secara berurutan, pastikan tidak ada satu urutan yang terlewat.
Terakhir, awali setiap aktivitas anda dengan menyebut nama Allah (Basmallah) dan akhiri dengan pujian kepada Allah (Hamdalah).
Selamat bereksperimen !
'Gue Locek'

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »