tebing-tebing mempesona di Kalimantan Barat

Setelah maraknya program-program adventure di televisi saat ini, semua orang dari berbagai kalangan, mahasiswa, anak sekolahan, kelompok travelling, sampai karyawan dan pejabat negara berbondong-bondong mencari dan melakukan perjalanan atau biasa dikenal dengan istilah bertualang ke destinasi-destinasi wisata, ada yang mendaki gunung dan bukit, menelusuri pantai,menyelam, menyusuri lubang bumi, memanjat tebing dan lain sebagainya.

Hal ini memang wajar dan tidak ada larangan selama tidak merugikan diri sendiri dan orang lain juga alam. Indonesia memang pantas disebut negri tanah surga karena kekayaan dan keindahan alamnya yang sangat menawan. termasuk di Kalimantan Barat, memiliki  destinasi wisata yang luar biasa yang harus dikunjungi oleh penikmat alam. Berikut beberapa objek wisata khusus panjat tebing di Kalimantan Barat yang menjadi rekomendasi untuk para pemanjat tebing.

1)Tebing Bunga
Nama yang indah untuk sebuah tebing, tebing Bunga ini berada di Kabupaten Bengkayang, tepatnya di Kecamatan Sungai Raya Kepulauan. Sering dijadikan lokasi latihan oleh PA kalbar, baik sispala maupun mapala, dahulu tebing ini merupakan lokasi latihan TNI AD.
Tebing ini cukup tinggi bagi pemanjat pemula, kurang lebih 18 mdpt. Diatas ketinggian ini pemanjat akan disuguhkan pemandangan pantai dan laut yang indah.


2) Tebing Bagak

Masyarakat yang bermukim di daerah Kota Singkawang pasti tidak asing mendengar tebing/bukit Bagak. Nama lain dari tebing Bagak yaitu tebing Sebayung yang memiliki ketinggian 100-150 mdpt. Tebing ini cukup menarik untuk dijajaki oleh pemanjat, berada sangat dekat dari pusat kota Singkawang. Namun yang harus diingat yaitu untuk menjajal tebing ini harus memiliki izin atau Simaksi dari BKSDA Kalbar karena tebing sebayung masuk dalam kawasan konservasi Cagar Alam Raya Passi Singkawang.
3) Tebing Kuri
Jika dua tebing diatas berada di sebelah utara kalbar, kita beralih ke arah selatan. Nah, tebing ini akan meningkatkan adrenalin pemanjat, karena ketinggiannya cukup menjulang. tebing ini berada di Desa Sinar Kuri Kabupaten Ketapang. tebing ini tidak direkomendasikan untuk pemanjat pemula karena tingkat kesulitan dan ketinggian membutuhkan keahlian yang mantap.
4) Bukit Kelam
Hampir seluruh warga kalbar mengenal bukit Kelam ini, selain karena ketinggiannya, juga karena luas tebing dan eksotisnya. Berada di Kabupaten Sintang dengan ketinggian lebih dari 900 mdpl dan hampir seluruh material bukit ini adalah bebatuan, di puncak bukit ini juga terdapat katung semar endemik dan gua-gua vertikal. kawasan ini juga termasuk kawasan konservasi yang dikelola oleh BKSDA. tebing ini juga tidak direkomendasikan untuk pemanjat pemula karena tingkat kesulitan dan ketinggian membutuhkan keahlian yang mantap.
5) Tebing Unta
Sebuah tebing yang belum terlalu dikenal khalayak tetapi sangat eksotis dan tinggi menjulang, dikenal dengan nama tebing unta karena bentuknya seperti unta, tetapi ada juga yang mengatakan seperti kura-kura. tebing ini juga dikenal dengan bukit Batu Daya, berada di Desa Batu Daya Kabupaten Ketapang. Tebing ini memiliki ketinggian kurang lebih bukit Kelam dan pernah dijajaki oleh pemanjat nasional, pemanjat dari negara jepang yang didampingi oleh tim panjat tebing Mapala Untan pada tahun 2012 dan 2013. tebing ini juga tidak direkomendasikan untuk pemanjat pemula karena tingkat kesulitan dan ketinggian membutuhkan keahlian yang mantap.
Masih banyak tebing-tebing yang bertebaran di Kalbar. selamat mencoba, tetap utamakan keselamatan anda, jaga kelestarian alam. Salam Cadas.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »